Andaikan Wali Kota dan Bupati Tidak Ada Selesai Jakarta Tidak Kembali Jadi Ibu Kota, Ini yang Harus Dilaksanakan Gubernurnya..

Andaikan Wali Kota dan Bupati Tidak Ada Selesai Jakarta Tidak Kembali Jadi Ibu Kota, Ini yang Harus Dilaksanakan Gubernurnya..

Jakarta diperkirakan tidak mempunyai susunan kedudukan wali kota dan bupati selesai tidak lagi memiliki status ibukota negara. Nanti, cuma bakal ada gubernur di Jakarta.

Pemerhati tata kota dari Kampus Trisakti, Nirwono Yoga, berpandangan sebenarnya susunan kedudukan itu tidak perlu dihapus walau Jakarta tidak sedang menjadi ibukota. Bila harus ditiadakan, Nirwono berkata ada banyak hal yang dapat dilaksanakan oleh Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta, terutamanya gubernur.

“Gubernur bisa memaksimalkan peranan deputi dan kepala dinas sebagai penyambung atau pendorong kecamatan dan kelurahan,” tutur Nirwono ke Kompas.com, Sabtu.

Menurut Nirwono, semua aktivitas servis kependudukan dan pembangunan daerah kota harus dimaksimalkan oleh beberapa deputi dan kepala dinas sebagai unit kerja piranti wilayah (SKPD).

Nirwono berpandangan wali kota dan bupati tidak perlu dihapus jika ada gagasan peluasan daerah Jakarta dengan masukkan aglomerasinya, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

“Karena secara peranan aktivitas telah bersatu. Bila semakin bertambah karena itu kehadiran wali kota atau bupati masih dibutuhkan,” tutur Nirwono. Menurut Nirwono, jika daerah DKI Jakarta diperlebar, kehadiran wali kota atau bupati masih tetap diperlukan agar menolong gubernur lebih efisien.

“Tetapi bila tidak diperlebar, wali kota atau bupati tak perlu disetop tapi dapat dimaksimalkan sebagai pendorong kecamatan dan kelurahan,” papar Nirwono.

Menteri Rencana dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa memandang penghilangan wali kota atau bupati dibutuhkan supaya yang akan datang birokrasi di Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) DKI jadi lebih gesit.

“Pertimbangan kami di depan ialah bagaimana susunan organisasi yang lebih gesit, yang menjadi anutan panutan pemerintah lainnya,” sebut Suharso.

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …