Bank Dunia Menyingkap Penyebab Harga Beras Indonesia Paling mahal di Asia Tenggara

Bank Dunia Menyingkap Penyebab Harga Beras Indonesia Paling mahal di Asia Tenggara

Laporan terkini Bank Dunia menyorot harga beras di Indonesia menjadi satu diantara yang paling tinggi di kawasan Asia Tenggara pada sebuah dasawarsa paling akhir. Lembaga keuangan internasional itu menerangkan, pemicu mahalnya harga beras di Indonesia karena permasalahan dalam harga pasar untuk produsen pertanian.

“Harga ketengan beras Indonesia secara stabil jadi yang paling tinggi di ASEAN sepanjang (satu) dasawarsa paling akhir,” ungkapkan Bank Dunia dalam laporan Indonesia Economic Prospek (IEP) edisi December 2022′,

“Ini karena ada support harga pasar untuk produsen di bagian pertanian yang terbagi dalam peraturan yang meningkatkan harga domestik untuk produk pertanian,” tulisnya.

Banyak kebijakan ini terhitung beberapa langkah perdagangan yang batasi (misalkan, biaya impor, limitasi kuantitatif, monopoli impor BUMN untuk komoditas utama, dan perlakuan nontarif lainnya), harga pembelian minimal pada tingkat petani (misalkan, untuk beras).

Adapun “minimnya investasi periode panjang dalam riset dan pembangunan pertanian, service penerangan, dan peningkatan sumber daya meredam kenaikan keproduktifan yang bisa turunkan harga pangan dalam periode panjang”.

Disebut, harga beras di Indonesia 28 % semakin tinggi dibandingkan harga di Filipina, 2x lipat tambah mahal dari negara tetangga yang lain yakni Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Thailand.

Meski begitu, Bank Dunia menyaksikan harga beras Indonesia sudah konstan nyaris selama setahun 2022 sampai beberapa bulan akhir. Sementara cabe, bawang merah, dan minyak goreng sudah jadi penggerak utama inflasi pangan di Indonesia tahun ini.

Harga Beras di Indonesia Hari Selasa 20 Desember 2022

Mencuplik data di situs hargapangan.id, harga beras kualitas super II di pasar tradisionil semua propinsi sudah turun 0,37 % atau Rp 50 mendekati musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sekarang, rerata harga beras kualitas super II di pasar tradisionil Indonesia dibanderol Rp. 13.500 per kg.

Dalam pada itu, harga beras kualitas super I di pasar kekinian masih dibanderol harga masih tetap yakni Rp 15.000 per kg.

Kalimantan Sedang jadi propinsi pada harga beras kualitas super I, sejumlah Rp 23.150 per kg, diikuti DKI Jakarta Rp 16.800 per kg selanjutnya Sumatera Barat dan Riau masing-masing Rp 16.650 dan Rp 15.750 per kg.

Harga beras kualitas super II paling tinggi di Kalimantan tengah, sejumlah Rp 20.900 per kg dan Sumatera Barat Rp 16.250 per kg.

Beras kualitas super II di Kalimantan Utara dibanderol Rp 15.200 per kg dan Rp 15.000 di Riau.

Di DKI Jakarta, beras kualitas super II dibanderol Rp 14.750 per kg. Dan di wilayah Jawa, dibanderol mulai Rp. 12.300 sampai Rp. 12.750 per kg.

Impor 500 Ribu Ton Beras, Bulog Rogoh Kantong Rp 4,4 Triliun

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang kerap diundang Buwas, mengutarakan jika biaya impor beras sekitar 500 ribu ton diprediksi capai Rp 4,4 triliun. Karena, harga beras yang dibeli ikuti harga internasional yaitu Rp 8.800 per kg (kg).

Ada empat negara penyuplai beras impor ke Indonesia, yakni Vietnam, Thailand, Mynamar, dan Pakistan.

“Iya barusan lebih kurang jika kita (impor) 500 ribu ton dari harga Rp 8.800 ya dikalikan saja dengan 500 ribu ton. Bulog itu terbuka,” kata Budi Waseso saat terima beras di Dermaga Tanjung Priok,

Karena harga beras impor itu dibeli pada harga Rp 8.800 per kg. Karena itu faksi Bulog akan salurkan pada harga Rp 8.300 per kg. Maknanya, Pemerintahan akan mensubsidi bekasnya.

“Maka kita belinya Rp 8.800 donk harga internasional. Nach, itu karena ketetapannya Rp 8.300 karena itu ada beda Rp 500 kan. Rp 500 itu akan ditukar pemerintahan,” ucapnya.

Beras impor kwalitasnya terhitung beras Premium, kata Buwas. Maknanya, harga rerata beras Premium ialah Rp 11.000 per kg. Tetapi, warga tidak boleh cemas karena harga beras akan dipasarkan murah.

“Jika saksikan visualnya, beras ini di pasar Indonesia harga Rp 11.000 (per kilogram), tetapi bulog akan menjualnya Rp 8.300. Dipasaran termahal Rp 9.000. Kita kelak pantau, tidak kita terlepas demikian, kelak tidaklah sampai ke warga,” katanya.

Setahap

Adapun impor beras akan dilaksanakan dengan bertahap. Per ini hari baru 5.000 ton beras impor yang diterima dari Vietnam lewat Dermaga Tanjung Priok.

Selanjutnya susul sore hari ini, 5.000 beras impor dari Thailand akan datang di Dermaga Merak, Banten. Pemerintahan menarget kehadiran beras impor sekitar 200 ribu ton paling lamban akhir Desember 2022.

Lalu tersisa impor sekitar 300 ribu ton beras akan dilaksanakan pada Januari sampai Februari. Argumen dipisah jadi dua tahapan, supaya tidak mengusik panen raya dalam negeri

“Misalnya kelak datangkan tahapan ke-2 nya yang 300 ribu ton itu saya prediksikan dan saya haruskan tengah Februari semua 300 ribu ton telah masuk. Mengapa? Karena agar tidak mengusik panennya . Maka kekurangan tadi 300 ribu ton lebih yang dari dalam negeri plus kewajiban kita mempernyerap dalam periode panen raya ya kita tetap lakukan peresapan ke,” tandas Buwas.

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …