Blusukan di Pasar Wonokromo Surabaya, Jokowi: Harga Beras Baik, di Bawah Rp 9.000 Per Kg

Blusukan di Pasar Wonokromo Surabaya, Jokowi: Harga Beras Baik, di Bawah Rp 9.000 Per Kg

Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Wonokromo, Surabaya, Sabtu (18/2/2023), untuk memeriksa harga beberapa bahan dasar.

Jokowi menjelaskan, dari kunjungannya itu, dia temukan jika harga beras cukup dapat dijangkau, yaitu di bawah Rp 9.000 per kg dan stoknya berlimpah.

“Harga baik barusan, Rp 44.000 untuk 5 kg, maknanya harga di bawah Rp 9.000. Barusan semua warung kita saksikan semua, ada semua, dan berlimpah di sini,” kata Jokowi, diambil dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengutarakan jika beras yang diteruskan oleh Bulog melalui operasi pasar juga ada di pasar itu.

Dia juga percaya jika harga beras yang sebelumnya sempat naik dalam beberapa saat paling akhir akan turun bersamaan dengan pertambahan stock di pasar.

Ditambah lagi, dalam kurun waktu dekat bakal ada panen raya yang tingkatkan jumlah tersedianya beras di pasar.

“Jika produksi dari petani dari panen ada, maknanya apa, stoknya berlimpah, jika stock berlimpah keinginan masih tetap, maknanya harga dengan cara otomatis akan turun,” kata Jokowi.

Disamping itu, Jokowi merasakan harga minyak goreng saat ini masih ada di range Rp 14.000 per liter walau stoknya tidak begitu berlimpah.

Dia mengatakan, harga telur dan bawang merah terlihat turun di pasar itu.

“Kestabilan harga semacam ini yang kita harapkan hingga janganlah sampai kelak seperti beras bulan lalu menaikkan inflasi yang tinggi sekali di semua Tanah Air, ” kata Jokowi.

Sebelumnya telah dikabarkan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengutarakan jika panen raya beras di beberapa wilayah akan diawali pada Februari dan capai pucuknya di awal Maret 2023.

Syahrul menjelaskan, berdasar data Tubuh Pusat Statistik (BPS), ada lebih dari 1 juta hektar tempat yang panen pada Februari 2023 dan 1,sembilan juta hektar tempat pada Maret 2023.

Menurutnya, angka produksi beras pada pucuk panen raya diestimasikan capai 5,sembilan juta ton.

“Meskipun dengan beragam varietas yang kita gunakan saat ini telah lebih dari itu, tapi kita gunakanlah (perkiraan) yang paling rendah 5,9 (juta ton) data BPS,” tutur Syahrul, Jumat (17/2/2023).

Namun, Syahrul akui tidak dapat pastikan apa panen raya itu bisa menekan harga beras yang naik dalam beberapa saat paling akhir.

“Sudah pasti ini akan balik ke aktor perdagangan dan ya kita mengharap sudah pasti harga jangan terlampau juga turun karena ini terkait dengan kebutuhan petani, tetapi jangan terlampau tinggi ,” kata Syahrul.

Sebagai info, harga beras media di pasar sudah capai angka Rp 10.000 per kg, melewati harga ketengan paling tinggi (HET) yang semestinya Rp 9.450 per kg.

Berdasar data dari Info Pangan Jakarta per Selasa (14/2/2023), harga rerata beras media telah capai Rp 10.735 per kg.

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *