Buruh Gelar Demonstrasi di Balai Kota Jakarta, Ini Tuntutannya

Buruh Gelar Demonstrasi di Balai Kota Jakarta, Ini Tuntutannya

Buruh PT KCN yang terbagi dalam asosiasi truk, Tenaga Kerja Bedah Muat (TKBM), asosiasi pelayaran, tenaga kerja dermaga, tenaga kerja kapal mooring atau kapal solid yang bergabung dalam Pemakai Jasa Dermaga (Penjaspel) Marunda mengelar tindakan di Balai Kota DKI Jakarta,

Pengamatan Liputan6.com, beberapa buruh datang di Balai Kota DKI Jakarta sekitaran jam 9.30 WIB. Mereka kenakan pakaian dengan warna menguasai biru.

Beberapa buruh meneruskan tindakan dibarengi beberapa atribut seperti banner, spanduk, toa memiliki ukuran sedang, sampai mikrofon. Perwakilan Penjaspel selanjutnya terlihat berorasi di atas mobil instruksi.

Ketua Penjaspel Marunda Fudiyanpo Kamin menjelaskan demonstrasi dituruti sekitaran kurang lebih 300 orang buruh. Mereka merencanakan lakukan tindakan sampai bisa dijumpai oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Fudiyanpo sampaikan sepanjang PT KCN ditutup mereka tidak bekerja sepanjang 7 bulan. Ia menyebutkan buruh juga lakukan pengkajian dan mengeklaim PT KCN tidak lakukan pencemaran.

“Jadi begini, dermaga KCN ini telah 7 bulan ditutup. Vonis dari DLH jika KCN ialah pelaku pencemaran debu di dalam rumah susun. Namun kami punyai pengkajian jika KCN tidak lakukan pencemaran debu,” kata Fudiyanpo.

Fujiyanpo menerangkan jika pengkajian dilaksanakan tenaga pakar pencemaran debu dan hasilnya memperlihatkan jika debu PT KCN tidak sampai ke rumah susun. Oleh karenanya, ia menekan Heru Budi untuk kembali membuka PT KCN.

“KCN dibuka kembali hingga kami dapat bekerja,” katanya.

Sebutkan Berpengaruh pada Ekonomi

Fudiyanpo menunjuk vonis yang dijatuhkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta ke PT KCN tidak betul. Menurutnya penutupan PT KCN telah direncanakan untuk kebutuhan politik pihak tertentu.

“Maknanya yang divonis oleh Dinas Lingkungan Hidup ialah salah hingga kini rusun tetap ada debu masuk di situ . Maka ini penutupan KCN ialah by desain banyak kebutuhan politik yang bermain,” ucapnya.

Menurut Fudiyanpo penutupan PT KCN benar-benar berpengaruh pada ekonomi masyarakat Marunda. Ia menyebutkan keseluruhan ada 2.000 tenaga kerja yang terimbas karena penutupan PT KCN. Mereka ialah tenaga kerja yang bekerja langsung untuk PT KCN.

Sampai jam 11.42 WIB ini, buruh masih berorasi di muka Balai Kota DKI Jakarta. Rencanaya, demonstrasi akan terbatasi sampai jam 15.00 WIB sore hari ini.

Beberapa ribu orang tidak bekerja karena pencabutan ijin lingkungan bedah muat terminal dermaga Karya Citra Nusantara (KCN), Jakarta Utara, semenjak Juni 2022.

Pencabutan ijin dilaksanakan Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) DKI Jakarta sesudah jatuhkan ancaman administratif desakan pemerintahan Nomor 12 Tahun 2022 tertanggal 14 Maret 2022.

Dinas LH: PT KCN Tidak Patuh Kewajiban Pengendalian Lingkungan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan pencabutan ijin itu menimbang PT KCN yang tidak juga patuh pada kewajiban pengendalian lingkungan hidup.

Keputusan mengenai pencabutan ijin lingkungan kegiatan bedah muat oleh PT KCN diberi tanda tangan pada 17 Juni 2022. Dinas Lingkungan Hidup lebih dulu lakukan penskalaan beberapa perusahaan yang ada di kawasan Marunda dan sekelilingnya.

Kemudian, Dinas Lingkungan Hidup menghitung radius perusahaan dengan permukiman masyarakat bila terjadi kekuatan pencemaran lingkungan.

Asep menjelaskan, selama saat masa pengenaan ancaman, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara dengan aktif sudah lakukan pengawasan dan pemantauan atas beberapa langkah pembaruan.

Berdasar hasil pemantauan DLH DKI Jakarta, PT KCN belum melakukan perintah ancaman administratif, karena itu dilaksanakan pemberatan implementasi ancaman dengan penerbitan SK itu.

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …