Cara Cek BI Checking di HP Android

Diposting pada
Cara Cek BI Checking di HP Android
Cara Check BI Checking

Cara Cek BI Checking di HP Android – Bagi Anda yang biasa mengajukan kredit atau justru pernah bekerja di industri perbankan atau pembiayaan, BI Checking tentu bukan istilah yang asing. Proses ini, dilakukan guna melihat jejak kredit seseorang atau calon debitur. Cara cek BI Checking di Hp android, kini menjadi alternatif yang efisien dan mudah.

Karena makin maraknya teknologi saat ini. Terutama dengan menjamurnya bisnis keuangan digital seperti wallet digital misalnya OVO atau Dana, Maupun Gopay atau Shopepay. Bagi kalian yang ingin mendaftar pada layanan-layanan wallet digital tersebut, tentu membutuhkan BI checking.

Pengecekan BI Checking biasanya dilakukan dalam proses pengajuan kredit, yang tentunya harus terlihat bersih dari tunggakan. Skor yang tinggi akan menandakan jika sang calon debitur memiliki jejak kredit yang buruk dan akan sangat beresiko apabila dipinjamkan.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengajukan pinjaman kembali Ada baiknya untuk memeriksa BI Checking lebih dulu agar proses pengajuan lancar. Pengajuan kredit ini bisa berupa KPR, KK. atau KTA.

Cara Cek BI Checking di HP Android

Sebelumnya, proses pemeriksaan BI Checking butuh proses yang lebih lama dan tak bisa dilakukan semua orang. Melalui prosedur terbaru di android, Anda bisa melakukan pemeriksaan BI checking, untuk memastikan apakah skor yang Anda miliki rendah atau justru tinggi.

Proses pengecekan online pada hp android memang memiliki sejumlah keunggulan, yakni dengan SLIK. Sistem ini mendukung tak hanya bagi industri perbankan, melainkan juga industri non-bank hingga pengadilan guna membantu pemeriksaan.

Selain itu, data yang terdaftar dalam SLIK juga lebih akurat sekaligus terperinci berdasarkan utilitas. Guna memudahkan hal tersebut, langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda dalam memeriksa SLIK.

  1. Kunjungi website browser dengan alamat www.ojk.go.id.
  2. Pilih bagian kolom “Perbankan’ dan ketik opsi “Permintaan IDI Historis”.
  3. Berikutnya Anda akan langsung mendapat halaman baru yang berisi soal permintaan IDI Historis.
  4. Gulir pada bagian bawah halaman untuk menemukan pilihan “Mengisi Formulir yang Disediakan”. Jika selesai, klik “Formulir”.
  5. Selanjutnya Anda akan mendapatkan sejumlah halaman baru yang berisi tentang form berjudul “Biro Informasi Kredit”.
  6. Isi semua form yang telah disediakan berdasarkan data yang Anda miliki seluruhnya. Apabila telah diisi, klik menu “Kirim Form”.

Jika tahap ini telah selesai, Anda secara otomatis bisa langsung melakukan BI Checking secara online. Langkah berikutnya adalah Anda perlu menunggu hasil pemeriksaan melalui email yang dicantumkan pada bagian form.

Cara Memperbaiki Skor Kredit pada BI Checking

Pada dasarnya, ketika skor kredit Anda buruk maka sudah bisa kita pastikan jika tak ada bank atau lembaga pembiayaan lain yang mau meminjamkan dana mereka. Namun, bukan berarti Anda tak bisa memperbaikinya.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar lolos dalam pengajuan kredit. Semisal jika skor kredit Anda adalah 3, 4 hingga 5, ini adalah skor yang buruk dan pasti bakal mereka tolak dalam proses pengajuan.

Berikut ini cara membersihkannya:

  1. Akses informasi bagi debitur, melalui tahap ini, Anda bisa meminta informasi perihal data dari debitur.
  2. Apabila terdapat tunggakan dengan skor pada angka 2, maka Anda harus segera melunasi tunggakan untuk mengurangi skor tersebut. Sementara itu, jika skor Anda berada pada angka 3 ke atas maka Anda harus segera melunasi tunggakan sebelumnya. Seluruh proses pelunasan pinjaman pada rentan waktu 3 bulan, perlahan akan mengalami perbaikan skor kredit yang anda miliki.

Pada dasarnya, setiap lembaga keuangan perbankan atau non bank tetap memprioritaskan untuk mengurangi resiko mereka dalam menyalurkan pinjaman. Jika tidak maka jelas, perusahaan akan mengalami kesulitan selama proses pengembalian aset mereka.

Baca Interpretasi Skor Kredit BI Checking di HP Android

Score kredit dalam SID pada umumnya terbagi menjadi 5 bagian. Semakin kecil angka, maka semakin besar pula kesempatan pinjaman yang bisa mereka berikan kepada calon debitur. Untuk memahami lebih jauh nilai dari tiap kolektabilitas, berikut ini pembagiannya.

Kolektabilitas 1

Kolektabilitas 1 adalah angka terbaik, yang mana calon debitur dengan nilai ini berarti bisa menuntaskan kewajiban hutangnya. Kondisi ini menunjukkan jika calon debitur membayar dengan tepat waktu tanpa pernah menunggak.

Kolektabilitas 2

Pada tahap ini, Anda sebagai debitur mempunyai tunggakan 1 sampai 90 hari atau 3 bulan. Pada fase ini, pihak kreditur biasanya masih memberi keringanan dengan memberikan dana mereka.

Kolektabilitas 3

Pada kolektabilitas 3, calon debitur biasanya mempunyai tunggakan di lebih dari 90 hari atau jari ke 91-120 sama dengan 4 bulan. Skor ini sudah bermakna peringatan, karena mereka anggap mempunyai tingkat resiko yang cenderung tinggi.

Kolektabilitas 4

Skor ini mempunyai nilai tunggakan selama 121 hari sampai dengan 180 hari atau sama dengan 6 bulan. Angka ini biasanya sudah ditolak oleh pihak perusahaan selaku kreditur karena dianggap sangat beresiko.

Kolektabilitas 5

Ini adalah skor terakhir sekaligus penutup dari nilai. Seluruh tunggakan hutang yang melebihi jangka waktu 6 bulan, sudah dianggap sebagai kredit macet. Akses untuk mendapatkan pinjaman atau pendanaan pada kasus ini sudah sangat sulit dan hampir tak mungkin mereka setujui.

Itulah cara cek BI Checking di HP android, cara memperbaiki sekaligus interpretasi skor BI Checking. Cara teraman dalam menghindari skor tinggi adalah dengan pelunasan, dan menghindari tunggakan seminimal mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *