Cara Ganti Password Gmail dari HP Maupun Laptop

Diposting pada

Cara Ganti Password Gmail – Gmail sebagai salah satu surat elektronik yang bekerja pada suatu internet server yang paling banyak digunakan saat ini, terhubung dengan banyak akun penggunanya. Sehingga keamanan dari akun Gmail sendiri penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, penggantian password berkala kerap kali menjadi salah satu upaya untuk menjaga keamanan akun. Lantas bagaimana cara ganti password Gmail ini ? Yuk simak ulasannya berikut.

Mengganti Password Gmail Melalui Akses Laman Google

Cara Ganti Password Gmail dari HP Maupun Laptop
Mengganti Password Gmail Melalui Akses Laman Google

Anda bisa melakukan penggantian password terhadap akun Gmail melalui akses laman Google. Caranya mudah, pertama anda perlu mengunjungi laman browser akun Google terlebih dahulu yaitu accounts.google.com. Berikutnya apabila alasan anda ingin mengganti password adalah karena lupa akan kata sandi sebelumnya, maka pilih Lupa Password yang ada di bagian bawah.

Selanjutnya masukkan alamat dari akun Gmail yang anda gunakan dan terhubung ke akun Google. Klik tombol berikutnya, kemudian masukkan kata sandi yang pernah anda gunakan dulu. Dalam hal ini, kata sandi yang dimaksud adalah apabila anda pernah melakukan penggantian password terhadap akun Gmail kemudian lupa dengan password yang baru.

Maka pada tahap ini anda bisa memasukkan kata sandi lama yang dulu pernah digunakan. Lalu cara ganti password Gmail berikutnya yaitu terus ikuti proses atau petunjuk yang telah Google berikan hingga selesai. Prosedur ini kita lakukan untuk membuktikan atau melakukan verifikasi bahwa anda memang pemilik akun Gmail yang ingin mengganti passwordnya.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan setiap prosedur yang ada dan isikan setiap kolom dengan sebenar benarnya. Karena langkah ini nantinya akan mempermudah proses anda selanjutnya. Jika semua langkah dari Google sudah dilakukan dan masih belum membuahkan hasil, masuklah kembali ke akun anda.

Nantinya anda akan diberi beberapa pertanyaan pemulihan, juga alamat email serta nomor telepon pemulihan. Jika sudah kita isikan dengan tepat, maka anda pun bisa masuk ke dalam akun Gmail dan melakukan penggantian password secara mudah. Untuk selanjutnya pun anda bisa membuka akun tersebut dari perangkat apa pun menggunakan kata sandi yang baru ini.

Mengganti Password dengan Cara Menjawab Pertanyaan Keamanan

Cara ganti password Gmail juga bisa kita lakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan keamanan. Pertanyaan keamanan ini berkaitan dengan proses pembuatan akun Gmail pertama kali yang dulu anda lakukan. Jadi Google memberikan pertanyaan keamanan tersebut untuk kebutuhan ini guna membuktikan anda merupakan pemilik akun sebenarnya.

Untuk melakukan cara ini, pertama anda bisa menerapkan cara pada poin sebelumnya yaitu masuk ke halaman Google recovery terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan alamat Gmail yang ingin anda ganti password, hingga muncul laman untuk anda menuliskan password lama. Jika pada bagian ini anda juga tidak bisa menuliskannya, maka bisa pilih Coba Pertanyaan Lain.

Skip saja beberapa langkah yang ada sampai anda menemukan halaman yang meminta anda untuk menjawab beberapa pertanyaan keamanan. Baru selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan bulan serta tahun pembuatan Gmail tersebut, lalu klik Berikutnya. Jika bulan dan tahun yang anda masukkan benar, maka halaman selanjutnya akan meminta anda untuk menuliskan kata sandri baru.

Jika sudah begitu, maka anda bisa menggunakan Gmail seperti sedia kala. Anda pun bisa membuka akun Gmail tersebut pada berbagai perangkat dengan menggunakan kata sandi baru yang telah anda tuliskan. Pastikan anda mengingat dengan benar kata sandi baru ini agar tidak mengalami masalah seperti sebelumnya.

Mengganti Kata Sandi dengan Nomor HP Pemulihan

Anda juga bisa menggunakan nomor HP pemulihan sebagai cara ganti password Gmail. Cara satu ini tetap sama, yaitu mengharuskan anda untuk masuk terlebih dahulu ke halaman recovery akun Google. Atau anda juga bisa langsung mengakses laman accounts.google.com/signin/recovery.

mengganti katasandi gmail
Mengganti Kata Sandi dengan Nomor HP Pemulihan

Lakukan prosedur yang ada hingga anda menemukan laman form baru yang mengharuskan anda memasukkan nomor telepon. Klik Kirim atau Send, maka kode pemulihan akan dikirim Google ke nomor telepon tersebut untuk memastikan bahwa akun terkait memang milik anda. Jika pada nomor tersebut belum juga muncul SMS dari Google, maka anda bisa meminta untuk pengiriman ulang.

Apabila sudah memperoleh kode, masukkan kode tersebut lalu klik Selanjutnya atau Next. Umumnya kode ini akan berjumlah sebanyak 6 digit, dan anda hanya perlu memasukkan angka serupa pada kolom yang tertera. Setelah klik Next, maka akan muncul halaman untuk melakukan penggantian kata sandi.

Anda bisa memasukkan kata sandi baru sesuai keinginan, yang mana kata sandi baru ini akan diminta untuk melakukan pengisian dua kali, sama seperti saat pertama kali anda membuat akun Gmail. Jadi pastikan bahwa kata sandi kedua yang anda tulis sama persis dengan kata sandi pertama. Cara ganti password Gmail pun sudah berhasil untuk anda lakukan.

Pada dasarnya penggantian password pada akun Gmail terbilang mudah untuk dilakukan, apabila anda memang melakukan sendiri pembuatan akun tersebut. Pasalnya pemulihan yang kita butuhkan untuk melakukan ganti kata sandi ini juga berkaitan dengan berbagai pertanyaan pada awal pembuatannya. Yang mana beberapa cara di atas bisa anda terapkan baik melalui laptop atau HP.

Jika sebelumnya kami telah membahas sebuah artikel mengenai bagaimana cara mengganti nama email Gmail, maka ini adalah pembahasan berkelanjutan dari email Gmail. Silahkan di share kepada rekan kalian yang membutuhkan informasi penting ini ya. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *