Cara Mengganti Nama Email di Akun Anda Hanya 5 Menit

Diposting pada
Cara Mengganti Nama Email di Akun Anda Hanya 5 Menit
Cara Mengganti Nama Email di Akun Anda Hanya 5 Menit

Cara Mengganti Nama Email – Email atau surat elektronik saat ini menjadi hal yang lazim kita gunakan oleh para pengguna smartphone. Bahkan Gmail miliki perusahaan raksasa Google, saat ini terhubung dengan berbagai akun lain milik penggunanya. Email bekerja melalui suatu web server, yang mana ia akan mengkoneksikan semua data user. Dalam beberapa kesempatan, anda mungkin ingin mencari cara mengganti nama email. Bagaimana caranya ? Simak ulasannya berikut.

Mengubah Nama Pada Akun Gmail

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa nama yang tertaut di alamat email ini bukan termasuk alamat email anda. Jadi di sini, anda hanya dapat melakukan penggantian pada nama tersebut, bukan alamat email. Jadi mengubah nama tidak akan mempengaruhi alamat email maupun nama login pengguna.

Mengubah Nama Pada Akun GMAIL
Mengubah Nama Pada Akun GMAIL

Mengapa mengubah nama ini menjadi hal penting ? Mungkin beberapa orang merasa pengubahan nama tidak begitu penting, namun beberapa lainnya sebaliknya. Apalagi untuk orang luar negeri, karena mereka umumnya mengganti nama keluarga saat sudah menikah. Jadi penggantian nama termasuk hal penting.

Mengganti Nama Melalui Situs Desktop

Untuk melakukan penggantian nama, anda bisa menerapkan beberapa langkah yang mana salah satunya melalui situs desktop. Pertama buka Gmail dengan mengunjungi https://www.gmail.com/ pada peramban. Masukkan alamat surel serta kata sandi akun hingga Gmail terbuka dan menampilkan kotak masuk anda.

Cara mengganti nama email selanjutnya yaitu klik ikon roda gigi yang terletak pada bagian pojok kanan atas dari kotak masuk Gmail tersebut. Setelah itu, menu drop down akan ditampilkan dan pilih pada bagian menu Settings. Jika menu Setting sudah anda pilih, halaman pengaturan atau Settings ini akan terbuka pada layar perangkat anda.

Mengganti Nama Melalui Situs Desktop
Mengganti Nama Melalui Situs Desktop

Pada halaman tersebut akan muncul beberapa menu tab di bagian atas, dan pilih Accounts and Import. Setelah itu, klik bagian edit info yang mana opsi ini terletak berseberangan dengan pilihan Send main as pada halaman pengaturan tersebut. Jika menu ini sudah dipilih, maka menu pop up selanjutnya akan ditampilkan.

Jika sudah memasuki menu pop tersebut, tandai kotak yang ada di samping kolom teks kosong atau kolom kedua dari atas. Pada bagian kotak kosong ini selanjutnya ketikkan nama yang ingin anda gunakan. Lalu klik Save Changes yang ada di bagian bawah jendela pop up, sehingga perubahan nama tersebut akan tersimpan setelah jendela tertutup nantinya.

Mengganti Nama Melalui Aplikasi Seluler

Selain situs desktop, anda juga bisa melakukan cara mengganti nama email melalui aplikasi seluler di smartphone. Terlebih setiap OS Android saat ini sudah langsung memiliki  aplikasi Gmail pada saat awal pembelian. Langkah pertama untuk melakukan cara ini yaitu buka aplikasi Gmail pada smartphone anda, yang mana aplikasi tersebut biasanya memiliki lambang huruf M merah.

Mengganti Nama Melalui Aplikasi Seluler
Mengganti Nama Melalui Aplikasi Seluler

Apabila belum masuk ke dalam akun anda, maka ketikkan terlebih dahulu alamat surel serta kata sandi dari akun tersebut. Sentuh ikon tiga garis yang ada pojok kiri bagian atas layar, maka menu pop out selanjutnya akan keluar. Geser layar dan sentuh menu Settings yang mana opsi ini terletak pada bagian bawah menu pop up.

Berikutnya pilih akun dan klik alamat surel pada akun yang ingin anda ubah namanya. Pilih Manage your Google Account yang ada di bagian atas menu dan sentuh My Account. Cara mengganti nama email selanjutnya yaitu pilih Personal info & privacy, yang ada di bagian atas layar lalu sentuh nama yang anda gunakan saat ini.

Nama akan ditampilkan di kolom teks Name yang ada di bagian atas halaman. Anda perlu memasukkan kata sandi akun Google terlebih dahulu lalu klik tombol Next. Berikutnya klik ikon yang terlihat seperti pensil atau ikon edit, yang terletak pada samping kanan nama. Apabila ikon ini di klik, maka menu pop up akan muncul pada layar smartphone anda.

Langkah Selanjutnya Mengganti Nama Email dengan Android

Mengganti Nama Email dengan Android
Mengganti Nama Email dengan Android

Setelah itu, anda bisa memasukkan nama baru sesuai keinginan. Masukkan nama pada kolom first dan last lalu tap done pada bagian bawah jendela pop up di layar. Jika muncul jendela permintaan konfirmasi, maka pilih confirm untuk melanjutkan. Pikirkan dengan baik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menekan konfirmasi.

Pasalnya perubahan nama ini hanya dapat anda lakukan kembali sebanyak 2 kali dalam jangka waktu 90 hari. Jadi alangkah lebih baik jika nama yang telah anda tetapkan memang sudah berkenan di hati. Nantinya perubahan nama ini mungkin bisa membutuhkan beberapa waktu untuk ditampilkan, biasanya sekitar satu hari.

Apabila pada proses cara mengganti nama email ini anda melihat pesan error seperti setelah tidak bisa kita ubah pada akun anda, maka ini berarti akun terlalu sering dalam melakukan penggantian nama dalam waktu singkat. Atau bisa juga anda tengah menggunakan akun Google Workspace yang mana admin dari akun tidak mengizinkan proses perubahan nama.

Jadi berdasarkan ulasan di atas, bisa kamu lihat bahwa penggantian nama pada akun email bisa kita lakukan dengan beberapa cara mudah. Kendati demikian, cara penggantian nama ini bukan mengganti alamat surel anda. Jadi jika penggantian alamat email yang anda inginkan, maka kami anjurkan untuk membuat email baru karena mengganti alamat surel hingga kini belum bisa terlaksana.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam mengganti nama pada akun email anda, khususnya email dengan layanan dari GMail. Silahkan ikuti langkah demi langkah secara perlahan agar tidak terjadi kesalahan dalam merevisi akun GMail anda.

Silahkan share informasi penting ini kepada rekan-rekan anda, dan terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *