5 Cara Untuk Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop

Diposting pada

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop – Pengguna laptop mungkin akan menemui kondisi dimana headset tidak bisa digunakan. Hal ini memang cukup sepele, namun kendala seperti ini rupanya cukup sering terjadi. Umumnya, penyebab headset tidak terdeteksi adalah driver atau port audio rusak.

Tips Jitu Untuk Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Menikmati alunan musik dengan headset bukan hanya bisa kita lakukan menggunakan handphone saja. Kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan PC / laptop. Saat kamu mendengarkan musik pada laptopmu, kadang sering mengalami kendala. Kendala yang timbul biasanya headset yang kamu gunakan tidak bisa terkoneksi dengan PC / laptop kamu. Kamu pasti sebel bukan?

Namun jangan risau, Headset yang tidak terdeteksi bukan berarti rusak. Ada banyak kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada laptop kamu. Jika kamu memiliki masalah headset yang tidak terkoneksi atau tidak bisa terdeksi di PC / laptop. Jangan kamu langsung memfonis headset tersebut rusak. Karena, dalam artikel yang akan kami terangkan kali ini, terdapat 5 langkah mudah solusi untuk headset tidak terdeksi di laptop yang cukup ampuh.

Bagi kalian yang sedang mengalaminya, berikut kami rangkumkan cara untuk mengatasi yang mudah dan manjur.

1. Melakukan Scanning

headset tidak terdeteksi di laptop
Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Ketika kamu mengalami kendala headset yang tidak bisa terkoneksi dengan laptop, maka jangan buru buru mengambil kesimpulan jika headset sudah rusak. Sebab, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa memulainya dengan cara scan for hardware changes. Cara ini cukup ampuh untuk memindai apakah ada perubahan pada hardware.

Kemungkinan soundcard yang ada di perangkat laptop yang kamu miliki sedang mengalami perubahan tanpa sepengetahuanmu. Untuk melakukan cara ini, kamu bisa membuka menu Device Manager terlebih dahulu. Jika ingin cara yang cepat, lakukan dengan klik Windows + X pada keyboard laptop. Kemudian, pilih menu yang bertuliskan sound, video, and game controller.

Apabila headset masih saja gagal terdeteksi di laptop, maka kamu harus memilih dan klik scan for hardware changes. Di akhir step, kalian hanya perlu menutup jendela device manager yang sebelumnya sudah di buka tadi. Selanjutnya, kamu harus mencobanya dengan cara refresh. Apabila perlu, kamu bisa merestart laptop untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop.

2. Update Driver Software

headset tidak terdeteksi di laptop
Update Driver Software Headset

Jika scan for hardware changes masih tidak membantu, saatnya mencoba cara lain yang terbilang cukup efektif. Kamu bisa coba lakukan pembaruan pada driver software yang ada di laptop. Kemungkinan, headset jadi tidak berfungsi sesuai cara kerjanya karena software di laptop belum diperbarui dengan versi yang terbaru.

Seperti cara sebelumnya, kamu harus membuka menu Device Manager dan memilih menu sound video and game controllers. Jangan lupa pilih menu soundcard untuk melakukan setting yang benar. Selanjutnya, kamu harus melakukan update dengan cara klik kanan lalu pilih menu Update Driver Software. Jika sudah, lakukan booting pada laptop agar kembali normal.

3. Mengubah Sample Rate dan Bit Depth

Tak berhenti sampai di situ saja, ada cara lain yang bisa anda terapkan jika headset tidak terdeteksi di laptop. Caranya cukup simple yaitu melakukan beberapa setting pada sample rate dan bit depth. Untuk melakukannya, cukup klik kanan pada menu sound, kemudian pilih opsi Playback devices. Di sini kamu bisa mengubah sample rate dan bit depth sesuai kebutuhan. Berikut detail langkah-langkahnya ya. Tutoial ini untuk kamu yang menggunakan Windows 10 ya.

  • Arahkan kursor mouse komputer kamu menuju icon sound pada Task bar. Lalu klik kanan icon tersebut dan pilih Sound. Pada menu bar nya pilih Playback.
Cara Agar Headset Terdeteksi Pada Laptop
Cara Agar Headset Terdeteksi Pada Laptop
  • Selanjutnya, pilih Speaker/HP, dan klik Properties.
Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop
Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop
  • Dalam tabel Properties tersebut. Kamu dapat langsung memilih tab Advance. Dan dalam drop down menu, kamu bisa memilih sample rate & bit depth sesuai dengan kebutuhanmu.
sample rate & bit depth
Mengganti Sample Rate & Bit Depth

4. Mengecek Sound Card Untuk Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop
Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Perlu kamu ketahui, dalam laptop terdapat yang namanya perangkat keras atau yang kita kenal dengan sebutan kartu suara atau sound card. Untuk itulah, setiap suara yang yang akan diproses pada laptop perlu perangkat keras sound card. Jika terjadi masalah, maka ada baiknya kamu mengecek sound card berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk memastikan apakah sound card bekerja dengan baik atau tidak, kamu perlu melakukan pengecekan. Pengecekan yang kamu lakukan sangat mudah sekali. Cukup dengan kamu mencolokkan headset milikmu ke perangkap PC/Laptop lainnya. Dan lihat apa yang terjadi.

Kalau headset yang kamu koneksikan pada laptop lain tersebut dapat berfungsi dengan baik, maka kemungkinan penyebabnya adalah soundcard pada laptopmu bermasalah. Kamu bisa memastikan kerusakannya dengan melakukan perbaikan ke counter service laptop kamu.

5. Menggunakan Driver Booster

headset tidak terdeteksi di laptop
Headset Tak Terdeteksi

Apabila kamu sudah melakukan berbagai cara dan masih saja tidak berhasil maka sebaiknya memanfaatkan aplikasi Driver Booster. Namun sebelumnya, kamu harus mengunduh dan menginstal tersebut dengan step yang benar. Kemudian, jalankan aplikasi yang sudah kamu unduh dan biarkan aplikasi Driver Booster melakukan scanning pada headset tidak terdeteksi di laptop.

Setelah melakukan serangkaian cara yang cukup panjang, kami bisa mengakhirinya dengan cara restart laptop. Dengan begitu, laptop yang kamu gunakan bisa kembali seperti sedia kala tanpa kendala. Jika hal tersebut terjadi, jangan panik dan praktekkan saja beberapa step yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *