Imigrasi Amankan 8 Masyarakat Korsel yang Gelar Gelaran Penelusuran Talenta di Jakarta

Imigrasi Amankan 8 Masyarakat Korsel yang Gelar Gelaran Penelusuran Talenta di Jakarta

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi amankan 8 masyarakat Korea Selatan (Korsel) yang diperhitungkan salah gunakan visa on arrival (VoA).

Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana menjelaskan, mereka ditangkap sesudah melangsungkan gelaran penelusuran talenta di salah satunya pusat belanja di Indonesia.

Menurut Widodo, 8 masyarakat negara Korsel itu ditempatkan kerja di Indonesia untuk gelaran penelusuran talenta yang ditayangkan langsung di stasiun TV KBS Korea. Mereka dijumpai sebagai anggota team inovatif sebuah production house.

“6 orang team inovatif ini tiba memakai VoA dan mereka di-hire oleh 2 orang WN Korea Selatan, satu pemegang VoA dan lainnya pemegang KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas). Keseluruhan ada delapan paspor Korsel yang kami amankan,” kata Widodo dalam info sah yang Kompas.com terima, Selasa.

Widodo akui sampaikan keterangan ini buat menyikapi video yang tersebar dalam masyarakat. Dalam rekaman itu, terlihat empat masyarakat negara Korsel itu dibawa paksakan petugas Imigrasi.

Sesudah dilaksanakan pengecekan, faksi Imigrasi mendapat pernyataan jika mereka diperintah agen yang bawa ke Indonesia supaya berlagak playing victim saat dibawa petugas.

Berkaitan ini, Widodo memperjelas petugas Imigrasi sudah jalankan pekerjaannya sama sesuai proses. Karena, masyarakat negara Korsel itu sempat memberi perlawanan.

“Selama ini, perlakuan petugas telah sama sesuai proses karena ada perlawanan dari orang asing itu,” katanya. Akan tetapi, Widodo memerintah Direktur Wasdakim Ditjen Imigrasi mengecek petugas yang bawa masyarakat negara Korsel itu.

Bila hasil pengecekan ungkap ada elemen penyimpangan kuasa karena itu faksinya akan jatuhkan ancaman.

“Sesuai ketentuan perundang-undangan yang berjalan,” tutur Widodo.

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …