Ma’ruf Amin: Karakter Berkebangsaan Dasar Utama Hindari Radikalisme

Ma’ruf Amin: Karakter Berkebangsaan Dasar Utama Hindari Radikalisme

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan, karakter berkebangsaan sebagai dasar utama untuk menahan angkatan muda dalam terkena memahami radikalisme.

“Karakter berkebangsaan jadi dasar primer, sekalian filter penting untuk menahan radikalisme dan paham-paham yang lain tidak searah dengan Pancasila,” tutur Wakil presiden dalam sambutannya secara online pada acara Wisuda Sarjana Angkatan ke-26 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Shalahuddin Al-Ayyubi, di Jakarta,

Ma’ruf minta supaya perguruan tinggi, satu diantaranya STAI Shalahuddin Al-Ayyubi, bisa membuat angkatan penerus bangsa yang unggul lewat penanaman nilai-nilai karakter berkebangsaan pada angkatan muda.

Dia menjelaskan, pada zaman sekarang ini saat arus info dan budaya asing bisa menginfiltrasi secara cepat, pengokohan nilai-nilai karakter berkebangsaan jadi penting untuk dipertajam tiap hari karena rasa nasionalisme dan patriotisme tidak tiba dalam satu hari, tetapi lewat implementasi berkaitan.

“Pembangunan karakter, intinya karakter berkebangsaan, membutuhkan waktu dan proses yang lama, hingga harus dilatih dan diperkembangkan secara berkaitan,” tutur Wakil presiden.

“Satu diantaranya lewat pendidikan keagamaan, yang pendekatannya mencakup faktor pengetahuan, adab, akidah. Intinya meliputi tuntunan untuk bertoleransi menghargakan keberagaman, dan junjung persatuan dan kesatuan bangsa,” sambungnya.

Di lain sisi, Wakil presiden Ma’ruf sampaikan jika karakter Indonesia yang demokratis tidak terlepas dari sumbangsih perguruan tinggi Islam.

Bikin Figur Nasional Muslim

Sebagai contoh, kata Ma’ruf, sudah banyak figur Muslim yang lahir dari perguruan tinggi Islam yang dalam profesinya jadikan mereka figur dan jubir Islam Indonesia yang ramah, tolerir, berbudaya, dan damai di ajang internasional.

Maka dari itu, Wakil presiden mengharap STAI Shalahuddin Al-Ayyubi bisa melanjutkan sumbangsih ini lewat peserta didiknya yang hendak bawa Islam dan Indonesia yang bagus di dunia global di masa datang.

“Sebagai salah perguruan tinggi Islam di Indonesia, STAI Shalahuddin Al-Ayyubi saya harap sanggup cetak beberapa tokoh nasional Muslim yang isi pembangunan, bawa peralihan ke arah perkembangan, dan selalu mengharumkan nama baik bangsa di mata dunia,” tutur Ma’ruf Amin.

About admin

Check Also

Pertemuan dengan Kepala Otorita, Anggota DPR Ajukan pertanyaan Sumber Ongkos Pembangunan IKN

Pertemuan dengan Kepala Otorita, Anggota DPR Ajukan pertanyaan Sumber Ongkos Pembangunan IKN Anggota Komisi XI …