Penyiapan Mudik Lebaran 2023, Pemerintahan Akan Lebih Rest Tempat di Tol Tangerang-Merak

Penyiapan Mudik Lebaran 2023, Pemerintahan Akan Lebih Rest Tempat di Tol Tangerang-Merak

Musim liburan Natal 2022 dan tahun baru 2023 selekasnya usai. Sekarang pemerintahan akan menyiapkan penyelamatan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 yang terjadi sekitaran 4 bulan kembali.

Pembaruan dan tambahan rest tempat di Tol Tangerang-Merak harus dilaksanakan untuk lokasi istirahat sekalian penahan kecepatan kendaraan pemudik saat sebelum masuk ke Pelabuhan Merak, hingga bisa kurangi barisan di Jalan Cikuasa Atas atau Jalan Cikuasa Bawah.

Menteri Koordinator sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy minta semua stakeholder dimulai dari pemerintahan daerah, aparatur keamanan, sampai pengurus tol dan pelabuhan untuk membikin penyiapan jauh hari, supaya arus mudik Lebaran berjalan mulus.

“Misalkan kelak ada banyak di sini, terhitung pembaruan rest tempat, hingga mereka jika harus ngantri di pelabuhan penyeberangan ia tidak berasa kecapekan, berasa tidak nyaman, tetapi mereka bisa juga nikmati di rest tempat,” tutur Muhadjir Effendy di Pelabuhan Merak.

Menurutnya, harus ada tambahan rest tempat di jalan Tol Tangerang-Merak yang dapat dipakai warga untuk istirahat, sekalian penahan kecepatan kendaraan saat sebelum masuk ke tempat pelabuhan.

Selanjutnya pengkajian dermaga di Pelabuhan Merak yang nanti dipakai sebagai dermaga eksekutif ke-2 harus juga dilaksanakan. Hingga angkutan warga ke Pelabuhan Bakauheni dapat dipercepat.

” gagasan ada pengkajian salah satunya dermaga untuk dikeruk, untuk kelak menambahkan kemampuan penumpang eksekutif. Selanjutnya ada satu alternative pelabuhan yang hendak digunakan angkutan lebaran, ada tambahan rest tempat di jalan tol,” jelasnya.

Puncak Arus Balik Nataru di Pelabuhan Merak Diprediksikan Senin Esok
Keadaan Pelabuhan Merak setelah puncak perayaan malam tahun baru 2023 masih terlihat sepi dari penumpang dan kendaraan.

Muhadjir meramalkan, keramaian baru terjadi esok Senin atau Selasa lusa. Hingga harus disiapkan mulai sejak ini, bila terjadi kenaikan.

Walau sempat dua mobil kecebur ke laut dan pelabuhan ditutup 3x sepanjang masa liburan Nataru, Menko PMK mengatakan sebagai kejadian kecil.

“Pada umumnya semenjak Natal dan tahun baru, semua berjalan baik, ada banyak kejadian tetapi kejadian kecil saya anggap,” sebut Menko Muhadjir Effendy menandaskan.

 

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …