Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden, Tidak Ada Ketentuan Harus Melapor

Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden, Tidak Ada Ketentuan Harus Melapor

Bayangan akan ada reshuffle kabinet masih jadi wawasan hangat.

Paling akhir, NasDem yang tetap dirumorkan angkat kaki, coba memperjelas jika partainya siap, walau ada cerita untuk mengulas ini semua lebih dulu.

Pemerhati politik Karyono Wibowo menjelaskan, sebetulnya tidak ada peraturan untuk seorang presiden minta ijin ke ketua umum untuk lakukan reshuffle kabinet, ditambah itu bukan datang dari partainya sendiri.

“Menurut saya, tidak ada peraturan yang mengharuskan presiden untuk mengulas gagasan reshuffle ke pimpinan partai politik,” katanya.

Karyono mengingati, pembongkaran kabinet terhitung mengusung dan menghentikan menteri ialah hak prerogatif presiden. Hingga apa saja argumennya, semua harus menyerah diri, dalam masalah ini ke tangan Presiden Jokowi.

Ditambah, lanjut ia, bila dipandang tidak searah dalam kerangka kebutuhan politik di Pemilu 2024, karena itu lumrah saja sebetulnya.

“Karena itu lumrah bila presiden mereshuffle menteri-menteri dari NasDem,” terang Karyono.

NasDem Siap
Sebelummnya, Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi benarkan benar ada berita reshuffle kabinet di intern partainya. Meskipun begitu, ia mengutarakan hal itu tidak jadi masalah.

“Untuk NasDem tidak ada permasalahan, di NasDem ya berita itu berita bukan berita angin, memang berita betulan,” kata Gus Choi di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Menurutnya, NasDem siap bila kadernya dicabut dari kabinet. Gus Choi berbicara, partainya telah pikirkan untung dan ruginya.

“Kita siap semua, kita dibawa siap tiap memutuskan, itu kita telah pikirkan resikonya, keuntungannya, itu telah, telah dihitung plus minusnya jadi tidak permasalahan,” katanya.

Selanjutnya, NasDem tidak berasa sakit hati jika menterinya dicabut. Tetapi, Gus Choi memandang cara tersebut kurang dewasa dalam berpolitik.

“Tidak perlu sakit hati, tidak perlu baper, biasa saja cuma walau biasa-biasa saja masih tetap ada catatan ‘oh ini langkah berpolitiknya’ ‘oh ini kurang dewasa’ menjadi tetap ada penilaian tetapi persiapan mah harus tetap ada,” terang ia.

Dijumpai, tiga menteri NasDem yang ada di kabinet Indonesia Maju ialah Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …