Sekolah Net Zero Carbon Pertama di Indonesia: Habiskan Rp126 M, Siswa SD Ngeluh Kegerahan

Sekolah Net Zero Carbon Pertama di Indonesia: Habiskan Rp126 M, Siswa SD Ngeluh Kegerahan

Ide net zero carbon yang ramah lingkungan ini telah diaplikasikan di sejumlah gedung sekolah di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang periode kedudukannya usai, itu resmikan langsung ide sekolah net zero carbon.

Anies Baswedan resmikan sekolah net zero carbon itu di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ragunan 08, Jalan Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Anies senang pada akhirnya pemulihan keseluruhan sekolah memiliki konsep net zero emission usai dilaksanakan. Apa lagi, bangunan sekolah ramah lingkungan ini jadi yang pertama kalinya di Indonesia.

Berikut keterangan mengenai bukti-bukti sekolah ide net zero carbon yang telah disahkan Anies Baswedan.

Bocah SD Mengeluhkan Kegerahan

Rupanya, ide bangunan ramah lingkungan ini dirasakan oleh pelajar sekolah. Salah satunya pelajar yang mengeluh hal itu ialah dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ragunan 08 Jakarta Selatan. Sekolah ini baru dikunjungi Anies saat simbolik pembukaan net zero carbon.

Anak berinisial R akui kelasnya panas dan panas. Disamping itu, dia sampaikan ruangnya lumayan kecil bila dibanding dengan ruangan kelas SDN 04 sebagai ruangan belajarnya saat SDN 08 direhabilitasi.

“Kelasnya lebih kecil. Iya kelasnya panas,” tutur Rangga saat diwawancara di lokasi.

Menurut pengamatan Suara.com, ruang kelas sekolah net zero carbon ini cukup panas. Panas itu disebabkan karena kaca yang terpasang terlampau besar dan membuat sinaran matahari masuk ke kelas. Pendingin ruang berbentuk AC juga tidak terpasang.

Walau ruangnya cukup panas, R akui suka dengan gedung baru itu. Design dan sarana bangunan lumayan memadai.

“Iya bagus gedungnya. Luas ,” sambungnya.

Terbagi dalam 4 Gedung Sekolah

Empat sekolah ide net zero carbon itu ialah SDN Duren Sawit 14 Jakarta Timur, SDN Grogol Selatan Jakarta Selatan, SDN Ragunan Jakarta Selatan dan SMAN 96 Jakarta.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim di hari ini sekolah dasar Negeri Ragunan 08, SDN Grogol Selatan 09,SDN Duren Sawit 14 dan SMA Negeri 96 Jakarta sama ini dengan cara resmi dipakai,” sebut Anies.

Project Sebesar Rp126 Miliar

Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta membuat empat sekolah ide net zero carbon yang habiskan bujet Rp126 Miliar. Dana ini dipakai untuk pemulihan keseluruhan sampai bangunan jadi ramah lingkungan.

Tiap Sekolah Capai Rp20 Miliar

Berdasar info Kepala Dinas Pengajaran DKI Jakarta Nahdiana, ongkos pemulihan keseluruhan tiap sekolah yaitu Rp20 sampai Rp30 Miliar. Range harga itu berlainan tiap sekolah karena tergantung pada luas dan ongkos konstruksinya.

“Jika yang saat ini, Rp126 miliar untuk (pemulihan keseluruhan) empat sekolah. Satu sekolah itu rerata Rp 20 miliar-Rp30 miliar, bergantung luas bangunannya,” tutur Nahdiana saat resmikan sekolah net zero carbon di SDN 08 Ragunan Jakarta Selatan.

Claim Net Zero Carbon ini dari Green Building Council Indonesia

Nahdiana mengatakan jika claim net zero carbon ini bukanlah dari faksinya tetapi dari Green Building Council Indonesia. Sesudah lakukan pemulihan, bangunan itu memperoleh sertifikat dari Green Building Council Indonesia.

“Sekolah yang kita bangun memperoleh greenship net zero dari Green Building Council Indonesia dan ini sebagai sekolah negeri pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat net zero emission,” katanya.

Bangunan Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan saat pengesahan bangunan itu jika empat bangunan itu jadi sekolah negeri pertama dengan ide green building.

“Ini hari kita ikut jadi saksi kejadian monumental. barusan telah diutarakan jika ini hari kita di Jakarta sah jadi tempat pertama sekolah negeri mempunyai net zero school, sekolah dengan ide green building,” kata Anies.

Begitu bukti-bukti sekolah ide net zero carbon yang disahkan Anies Baswedan. Dia mengharap sekolah ini jadi pion untuk menggerakan bangunan rendah emisi.

 

About admin

Check Also

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan!

Perbandingan dengan Orba, Mahfud: Dahulu, Jika Calonnya Bukan Pak Harto, Diamankan! Menteri Koordinator Sektor Politik, …