Cara Transfer File Android Mudah Dan Praktis

Diposting pada
Cara Transfer File Android Mudah Dan Praktis
Cara Transfer File Android Mudah Dan Praktis

Transfer File Android Mudah Dan Praktis – Perkembangan smartphone android, kini begitu pesat. Dari yang awalnya hanya memiliki storage ratusan MB, kini bisa sampai ratusan Giga. Penggunaan smartphone android pun tidak hanya untuk alat komunikasi saja, namun bisa di gunakan untuk media hiburan, pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Bahkan, anda pun bisa transfer file android pada laptop dengan mudah tanpa menggunakan kabel. Untuk memindahkan file dari android pada laptop biasanya menggunakan kabel USB. Namun, sekarang ini anda tidak perlu menggunakan cara demikian.

Pemindahan file dari android ke laptop memang sering di lakukan oleh semua orang. Biasanya, sering menggunakan kabel USB. Pada suatu waktu, ketika anda pergi main atau kemana pun dan lupa membawa kabel USB. Pastinya, dari sana anda akan kebingungan harus memindahkan file dari android ke laptop.

Nah, anda tidak usah bingung lagi. Karena, di artikel ini akan di bahas mengenai cara memindahkan file android pada laptop tanpa harus menggunakan kabel USB. Anda bisa simak artikel ini sampai tuntas.

Beginilah Cara Transfer File Android Pada Laptop Mudah Dan Praktis

Anda pastinya sering memindahkan beberapa file yang ada di android ke laptop. Hal tersebut, bertujuan agar android anda tidak kepenuhan memorinya. Maka, disini akan dijelaskan cara memindahkan file android pada laptop tanpa menggunakan kabel sebagai berikut :

Menggunakan aplikasi SHAREit

Shareit merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan pada perangkat android untuk memindahkan semua file yang ada di android pada laptop. Aplikasi ini bisa memindahkan file berupa foto, berkas, video, aplikasi, mudik dan masih banyak lagi. File yang di transfer menggunakan SHAREit tidak akan menurun kualitasnya. Sebenarnya, SHAREit ini juga bisa melakukan transfer file dari android ke android atau dari android ke laptop.

Aplikasi airDroid

Aplikasi airDroid adalah salah satu aplikasi yang sudah terkenal di berbagai perangkat operasi android. Cara kerjanya pun sangat mirip dengan aplikasi sebelumnya. Anda dapat mengirim berbagai macam file dan berbagai macam ukuran. Selain itu, Aplikasi airDroid bisa di gunakan untuk akses file dari android melalui komputer atau laptop.

Aplikasi Pushbullet kemudahan transfer file android

Bagi yang baru mengenal aplikasi pushbullet ini adalah aplikasi yang tidak hanya mengirimkan file dari android pada komputer. Namun, aplikasi ini juga terdapat notifikasi SMS. Anda dapat mengetik SMS dari laptop. Maka, aplikasi pushbullet ini, akan mengirimkan pesan anda secara otomatis.

Layanan Cloud untuk Transfer file Android

Cloud merupakan layanan untuk menyimpan file secara online. Layanan ini adalah berbasis web server. Anda dapat menyimpan file yang anda dengan cara upload. Jika ingin mengambil file tersebut, cukup download saja. Contoh layanan Cloud yang sering di gunakan dan terkenal di semua orang adalah Google Drive, onedrive, Dropbox, dan masih banyak lagi. Anda tidak usah takut, karena file yang anda simpan di layanan Cloud akan aman dan tidak berubah kualitasnya.

FTP

File Transfer Protocol atau di singkat menjadi FTP adalah aplikasi yang di gunakan untuk transfer file dalam network dengan satu koneksi. Cara transfernya, anda harus mencari terlebih dahulu kode FTP nya di android anda, biasanya ada di File Manager atau pengaturan ponsel. Setiap android apa pun pasti memiliki kode FTP yang bisa di dapatkan dari File Explorer pada menu Network. Kemudian, anda hanya perlu menuliskan kode FTP di kolom Network.

Menggunakan Bluetooth untuk kenyamanan transfer file android

Hampir semua laptop di jaman sekarang sudah memiliki dukungan driver Bluetooth. Adanya dukungan ini, semakin memudahkan anda untuk memindahkan file yang ada di smartphone pada laptop. Anda tidak memerlukan kabel USB lagi. Menggunakan Bluetooth merupakan cara paling mudah untuk kirim file hp ke laptop. Hanya dengan Bluetooth pun, anda tidak perlu download aplikasi atau software lainnya untuk mengirimkan data.  Untuk smartphone atau handphone dulu pun sudah memiliki fitur Bluetooth sejak lama. Sehingga, anda pun dapat memanfaatkan fitur ini untuk kirim file.

Transfer File Android ke Laptop dengan Kabel USB

Cara yang cukup banyak di lakukan oleh setiap orang yang akan mengirimkan file nya dari HP ke Laptop yaitu menggunakan kabel USB. Mengirimkan file menggunakan USB, sangat mudah di lakukan. Anda akan langsung terhubung dengan kabel USB tersebut. Cara untuk mengirimkan file pada kabel USB ini begitu mudah sekali. Cukup masukan saja kabel USB tersebut pada laptop anda. Dari sana, akan langsung keluar data-data yang ada di smartphone android. Kemudian, bisa langsung pindahkan file yang ingin di pindahkan dengan copy saja. Kemudian, paste di laptop anda.

Transfer file android ke laptop sudah biasa di lakukan oleh semua orang. Hal ini, agar mengurangi beban memori yang ada di android. Sudah banyak cara yang dapat di lakukan, mulai dari menggunakan aplikasi sampai gunakan kabel USB. Cara-cara di atas akan membantu anda mengirimkan file dari android ke laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *